banner 728x250

Hari Ginjal Sedunia, RSUD Andi Makkasau Berbagi Cenderamata kepada Pasien Cuci Darah

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada 9 Maret, Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, melakukan edukasi kepada pasien dan keluarga pasien Hemodialisa (HD) untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal.

banner 800x800

Selain itu, manajemen RSUD Andi Makkasau juga berbagi cenderamata kepada pasien Hemodialisa yang sedang melakukan cuci darah.

“Bidang Pelayanan bekerjasama dengan dr. Ayu, Sp.PD dan tim Hemodialisa (HD), melakukan pembagian cenderamata kepada pasien dalam rangka Hari Ginjal Sedunia,” kata Kepala Bidang Pelayanan RSUD Andi Makkasau Parepare, Sri Umi Wahyuni, Selasa (9/3/2021).

“Diharapkan pelayanan Rumah Sakit Andi Makkasau semakin baik dan mendapat apresiasi pasien, termasuk penderita gagal ginjal maupun seluruh masyarakat,” tambahnya.

Penyakit ginjal meski dicegah sejak dini, salah satu caranya yaitu konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup dan mengurangi minuman yang mengandung soda, pemanis buatan, serta minuman suplemen penambah tenaga. Selain itu, akan lebih baik jika melakukan cek kesehatan secara berkala sehingga kita dapat memonitor kondisi tubuh.

Olehnya itu, pada kesempatan itu manajemen RSUD mengajak kepada pasien dan keluarga pasien Hemodialisa untuk mengetahui tentang fungsi ginjal, siapa saja yang berisiko terkena penyakit ginjal, bagaimana cara mendeteksi penyakit ginjal kronik, serta bagaimana cara pencegahan agar tidak terjangkit penyakit ginjal kronik.

Ginjal adalah organ tubuh manusia yang memiliki fungsi penting, diantaranya memproduksi urine dan hormon, menyaring racun dalam tubuh, membersihkan limbah dan kelebihan cairan pada darah, mengendalikan keseimbangan kimia dalam tubuh, membantu mengendalikan tekanan darah, membantu menjaga kekuatan tulang, dan membantu memproduksi sel darah merah. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *