banner 728x250

Penuhi Standar Kemenkes, RSUD Andi Makkasau Jadi Tujuan Hospital Tour HISSI Sulsel

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Himpunan Sterilisasi Sentral Indonesia (HISSI) Cabang Sulawesi Selatan melaksanakan Hospital Tour di Central Sterile Supply Department (CSSD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare.

banner 800x800

Ketua HISSI Cabang Sulawesi Selatan, Akhsan Nurhadi mengatakan, HISSI Sulsel memilih RSUD Andi Makkasau karena telah lulus akreditasi secara paripurna, dan juga ruang pelayanan dan perlengkapan CSSD rumah sakit tersebut telah memenuhi standarisasi Kementerian Kesehatan RI.

Ia menerangkan, setelah melakukan survey pembelajaran, peserta yang tergabung di HISSI dari berbagai Rumah Sakit yang ada di Sulawesi Selatan, dapat mengikuti apa yang telah dilaksanakan di RSUD Andi Makkasau.

“Kedepannya ini CSSD yang akan paling dicari. Di RSUD ini (RS Andi Makkasau) dari tenaga, peralatan, telah memenuhi persyaratan kementerian kesehatan. Kalaupun ada pemeliharaan dan penambahan itu tergantung CSSD-nya. Tapi kalau standar, itu telah memenuhi standar,” terangnya.

Pembina Instalasi CSSD RSUD Andi Makkasau Parepare, Sarina menjelaskan, peranan CSSD sebagai salah satu unit kerja instalasi di rumah sakit yang berperan penting pencegahan dan pengendalian infeksi. Sehingga hal tersebut dibuat standarisasi yang harus dikakukan untuk menjaga keselamatan pasien.

“Jadi standarnya kita buat, menjamin mutu keselamatan pasien dalam penggunaan alat-alat instrumen,” jelasnya.

Kepala Instalasi CSSD RSUD Andi Makkasau, Fatimah menegaskan akan selalu mengembangkan CSSD RSUD Andi Makkasau dan selalu mengupgrade sumber daya manusia.

“Saya kan baru juga, Sebagai instrumen penyelamatan pasien tentu SDM harus ditingkatkan. Walaupun saya sebagai penanggung jawab, tetap harus mengupgrade ilmu jadi ikut pelatihan,” pungkasnya. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *