banner 728x250

Taufan Pawe Harap Pasar Wekke’e Jadi Sentra Perputaran Ekonomi Baru di Kecamatan Bacukiki

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Pasar Wekke’e digadang-gadang menjadi sentra perputaran ekonomi baru di Kota Parepare.

Letak pasar berjarak lima kilometer dari pusat kota di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare.

banner 800x800

Pasar rakyat Wekke’e telah beroperasi sejak pertengahan 90an. Saat itu, pasar rakyat ini menjadi primadona dalam menyediakan kebutuhan bagi masyarakat.

Satu dasawarsa berlalu, pasar mulai bertumbuh di tempat lain. Bangunan itu menjadi saksi pasar Wekke’e ditinggalkan oleh masyarakat, terbengkalai dan tidak beroperasi.

Pedagang sepi, los kosong menjadi pemandangan pasar tua ini. Tidak ada aktivitas pertukaran ekonomi, justru lebih mirip bangunan angker.

Pemkot Parepare kemudian tidak tinggal diam. Tahun 2022 mengalokasikan dana sebesar Rp3 miliar untuk mengembalikan kejayaan pasar.

Sejak 15 September 2021 pembangunan berjalan bertahap. Puncaknya tahun 2022, pasar rakyat Wekke’e hidup dengan wajah baru.

Kepala Dinas perdagangan Parepare, Prasetyo Catur menyebut ada sebanyak 166 los yang telah diundi. Terdiri dari 58 untuk los yang basah bagi sayuran, ikan dan campuran.

Sedangkan 108 los lainnya untuk pedagang kosmetik, baju, cakar, sandal dengan yang lainnya.

“Alhamdulillah para pedagang cukup antusias berjualan di pasar Wekke’e. Saya turut bersyukur karena para pedagang yang berada di pinggir jalan kami arahkan untuk masuk. Los baru di pasar ini sudah terisi penuh,” katanya.

Sementara, Wali Kota Parepare Taufan Pawe bersyukur pasar yang telah sekian lama terbengkalai sebelum dirinya memimpin di Kota Cinta, kini telah berfungsi.

“Dengan berfungsinya Pasar Wekke’e ini, kami berharap ada sentra perputaran ekonomi baru bagi para penduduk maupun pedagang di Kecamatan Bacukiki,” harap Taufan Pawe

Wali Kota Parepare dua periode itu menyebut hadirnya Pasar Wekke’e menjadi sentra perekonomian baru di Parepare.

“Pasar ini akan mendekatkan masyarakat dengan pusat ekonomi dan memangkas biaya transportasi pedagang yang berjualan jauh dari tempat tinggalnya,” tandasnya. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot