banner 728x250

Parepare Siapkan 20 Lokus Jelang Penilaian Tim Pusat Verifikasi Kabupaten Kota Sehat

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Pemerintah Kota Parepare bersama stakeholder Kota Sehat berbenah serius menyambut verifikasi lapangan Kabupaten Kota Sehat 2021-2022 oleh Tim Penilai Pusat.

Persiapan itu dibahas dalam rapat koordinasi yang berlangsung di ruang rapat Bappeda Kota Parepare, Rabu 21 Juni 2023.

banner 800x800

Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang mewakili Kepala Bappeda Parepare selaku Ketua Tim Pembina Kota Sehat Parepare.

Hadir dalam rapat Ketua Forum Kota Sehat Parepare, Minhajuddin Ahmad, Tim Pembina Kota Sehat, Tim Teknis Kota Sehat, para SKPD penanggungjawab 9 tatanan dan kelembagaan.

“Ini merupakan rapat koordinasi terkait persiapan verifikasi lapangan dalam rangka Penilaian Penyelenggaran Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021 sampai dengan 2022,” kata Dede.

Dede mengungkapkan, sesuai informasi dari pusat bahwa verifikasi nantinya dengan dua cara yaitu verifikasi lapangan (verlap) secara daring dan verlap secara luring.

Dede mengemukakan, Pemerintah Kota Parepare telah menyiapkan kurang lebih 20 Lokus untuk diverlap oleh Tim Penilai Pusat.

Lokus itu antara lain, Puskesmas dan SLRT di Dinas Sosial, Pasar Sumpang Minangae, Kantor Dinas PKP, TK Bandar Badani, SDN 28, SMPN 2, Kampung KB Watang Bacukiki yang tahun ini masuk 10 besar tingkat nasional, dan beberapa Lokus yang telah disepakati oleh SKPD penanggungjawab tatanan dan SKPD pendukung.

“Sesuai informasi juga, bahwa akan ada lima kabupaten/kota yang akan dikunjungi bagi yang meraih predikat Padapa, enam kabupaten/kota yang meraih Wiwerda, serta lima kabupaten/kota yang meraih Wistara,” ungkap Dede.

Dede menekankan, Tim Pembina KKS Kota Parepare tentunya telah menyiapkan diri apakah nantinya verifikasi secara daring maupun luring (dikunjungi langsung).

Berbeda dari penilaian sebelumnya, kali ini setiap Lokus yang mewakili tatanan harus menampilkan inovasi yang menggambarkan penyelenggaraan KKS di wilayah tersebut dengan pelibatan forum, dunia usaha, media, serta stakeholder lainnya.

Dede menegaskan, Parepare tahun ini akan berusaha mempertahankan predikat Kota Sehat kategori tertinggi yakni Wistara untuk yang kelima kalinya.

“Karena Kota Parepare telah telah empat kali berturut-turut mendapatkan penghargaan Kota Sehat kategori tertinggi Swasti Saba Wistara,” tandasnya. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *