banner 728x250

Muslimin Bando Dukung IAIN Parepare Jadi UIN Anregurutta KH Abdul Rahman Ambo Dalle

banner 120x600
banner 468x60

ENREKANG, KLUPAS.COM – Bupati Enrekang Muslimin Bando menyampaikan dukungannya, atas rencana perubahan bentuk dari IAIN Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle.

Hal ini ditegaskan MB, saat menerima kunjungan Rektor IAIN Dr. Hannani M.Ag. di rumah jabatan bupati, Senin 7 Agustus 2023.

banner 800x800

“Secara pribadi dan selaku Bupati kami sangat mendukung IAIN menjadi UIN. Perubahan status ini tentu akan membawa banyak manfaat positif, termasuk bagi Kabupaten Enrekang,” kata Muslimin Bando.

MB mengatakan IAIN Parepare selama ini menjadi salah satu perguruan tinggi favorit masyarakat Enrekang. Sehingga dengan terwujudnya UIN Anregurutta KH Abdul Rahman Ambo Dalle menambah kualitas dan pilihan prodi. Pada akhirnya akan membantu meningkatkan kualitas SDM aparatur dan masyarakat.

Rektor Hannani menyambut gembira dukungan Bupati. Menurut Rektor, Muslimin Bando selalu menunjukkan perhatian besar kepada sektor pendidikan.

“Alhamdulillah kami senang sekali dengan antusiasme bapak Bupati. Beliau selalu sepenuh hati mensupport kami,” ujar Rektor.

Ketua PC Nahdlatul Ulama Parepare ini menjelaskan, dengan alih status jadi UIN maka akan ada penambahan Fakultas dan Prodi, yaitu Fakultas Sain dan Teknologi, yaitu prodi teknologi informasi dan prodi sains data. Fakultas Seni dan Desain dg prodi Desain Komunikasi Visual, dan prodi ilmu seni dan arsitektur islam. Prodi Binis Digital pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta program Doktor (S3).

Alasan penggunaan nama Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle, adalah guruttta adalah ulama besar yang berjasa besar terhadap penyebaran siar dan pendidikan Islam di Sulsel.

Secara historis gurutta adalah peletak dan termasuk pendiri IAIN Parepare, dimana beliau menyetujui universitas DDI dilebur menjadi filial (cabang) dari Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Ujung pandang dengan menggunakan asset DDI dalam operasionalnya. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *