banner 728x250

Muslimin Bando Puji Saharuddin dan Mitra, Bersama Lestarikan Kearifan Lokal Massenrempulu

banner 120x600
banner 468x60

ENREKANG, KLUPAS.COM – Festival bertajuk Visualisasi Musik Bambu Sulawesi Selatan, berlangsung sukses nan meriah di Alun-alun Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang. Acara ini berlangsung mulai Sabtu-Minggu 12-13 Agustus 2023.

Acara ini digelar atas prakarsa Anggota DPRD Sulsel Saharuddin, Disbudpar Sulsel, PT Wadah Inovasi Digital dan Pemuda Baraka Mangmesa.

banner 800x800

Hadir dalam pembukaan, Anggota DPR-RI Mitra Fakhrudddin MB, Andi Zulkarnain perwakilan Disbudpar Sulsel, Bupati Muslimin Bando, Wakil Bupati Asman, Anggota DPRD Sulsel Saharuddin, forkopimda dan forkopimcam, tokoh-tokoh masyarakat Baraka, seniman dan pegiat musik bambu, serta masyarakat.

Dalam sambutannya, Mitra Fakhruddin memuji panitia yang mengemas acara ini dengan epic. Terkhusus kepada anggota DPRD Sulsel Saharuddin yang menggagas visualisasi musik bambu ini.

“Ini ide luar biasa menghadirkan festival khusus untuk musik bambu. Ini jadi ajang apresiasi dan menambah semangat pegiat musik bambu untuk melestarikan kesenian ini,” kata Mitra.

Saharuddin yang akrab disapa Aji Saka ini, balik memuji Mitra yang telah banyak membawa program dari pusat untuk Enrekang. Khususnya di sektor pariwisata dan pendidikan.

Ditambahkannya, Sahar dan Mitra siap memperjuangkan event ini agar jadi agenda tahunan. Apalagi antusiasme peserta dan penonton cukup baik.

Bupati Muslimin Bando menyampaikan apresiasi untuk Mitra dan Saharuddin, yang meski beda warna namun satu visi memajukan pariwisata dan kesenian daerah Enrekang.

Terkait upaya pelestarian musik bambu, MB meminta Dinas Pendidikan agar merumuskan regulasi agar musik bambu menjadi muatan lokal wajib di pendidikan dasar, menengah dan atas.

“Sudah ada beberapa sekolah yang mengajarkan musik bambu. Disdik Juga beberapa kali mengadakan pelatihan. Selanjutnya ini harus jadi muatan lokal, agar ada regenerasi,” tegas Muslimin Bando.

Pada event ini, tampil belasan grup musik bambu dari Baraka, Cece, Curio, Karangan, Uru, Pasui, Banua, Wai-wai, Parombean, Tari dari Limbuang, Tari Pa’jaga, band performance dan penampilan Iqbal Lagaligo Palopo. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot