banner 728x250

Pemkot Parepare Beri Penghargaan SKPD dan UPTD Terinovatif

banner 120x600
banner 468x60

MAKASSAR, KLUPAS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare memberikan penghargaan kepada SKPD dan UPTD terinovatif dalam lingkup Pemkot Parepare.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe bersama Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Andi Taufik saat prosesi pemberian penghargaan hasil penilaian indeks inovasi tingkat SKPD dan UPTD/Kelurahan di Puslatbang KMP LAN, Makassar, Selasa 10 Oktober 2023.

banner 800x800

Ada lima SKPD dan empat UPTD terinovatif yang menerima penghargaan. Masing-masing untuk SKPD adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP), dan Inspektorat.

Sementara untuk UPTD dan Kelurahan masing-masing SDN 71, SDN 47, Puskesmas Lapadde, dan Puskesmas Lumpue.

Taufan Pawe mengatakan, tata kelola pemerintahan termasuk menghadirkan inovasi dalam pemerintahan adalah tanggung jawab kolegial. Pemimpin daerah hanya instrumennya.

Inovasi, kata Taufan, adalah embrio dari hasil akhir yang diharapkan. “Jangan pernah mimpi majukan peradaban tanpa inovasi. Inovasi tidak akan pernah tersentuh oleh hukum asal jelas arah dan tujuan,” tegas TP, akronim Wali Kota Parepare dua periode ini.

Ketua Golkar Sulsel ini mengungkapkan, sejak 2017 Pemkot Parepare sudah bermitra dengan Puslatbang KMP LAN. Taufan Pawe ingin menghadirkan inovator-inovator di Parepare yang hasil inovasinya bisa diadopsi oleh orang banyak, yang muaranya adalah peningkatan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Keinginan saya bermitra (dengan Puslatbang KMP LAN) adalah ingin hadirkan organisasi tata kelola pemerintahan yang kuat, unggul, dan andal,” ungkap TP.

Sementara, Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Andi Taufik mengapresiasi inovasi sudah menjadi kultur di Parepare, dan instrumentasi dalam inovasi semua sudah tercapai di Parepare berkat gaya kepemimpinan Wali Kota Taufan Pawe yang menjadi pelecut semangat berinovasi jajarannya.

Taufik mengemukakan, hasil penelitian LAN menunjukkan bahwa yang menentukan maju tidaknya inovasi di suatu daerah adalah pemimpin daerahnya. Jika pemimpin daerah welcome, maka inovasi di daerah itu maju sama seperti yang dilakukan Taufan Pawe.

“Parepare tanpa dukungan sumber daya alam memadai, dengan sentuhan kreativitas dan inovasi dari Pak Taufan Pawe terbukti bisa menjadi daerah yang maju,” ungkap Taufik. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *