banner 728x250

Enam Bayi Lahir di RSUD Andi Makkasau pada Tahun Kabisat

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Enam bayi lahir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare, pada tanggal 29 Februari 2024. Mereka lahir di Tahun Kabisat yang hanya terjadi sekali dalam 4 tahun.

“Ada enam bayi yang lahir (RSUD Andi Makkasau) hingga pukul 23.55 Wita kemarin,” ungkap Kabid Wasdal RSUD Andi Makkasau, Martha Iskandar, Jumat 1 Maret 2024.

banner 800x800

Martha menjelaskan dari 6 kelahiran bayi di tahun kabisat, 5 bayi di antaranya lahir melalui proses sectio caesarea (CS) atau operasi caesar. “Adapun untuk SC lantaran indikasi medis,” katanya.

Orang tua bayi yang lahir di Tahun Kabisat ini mengaku bahagia anaknya lahir di tanggal unik. Kondisi bayi dan orang tuanya pun dalam keadaan sehat.

Seperti pasangan Arham dan Delfiana, rona bahagia terpancar dari keduanya saat ditemui di Ruang Perawatan RSUD Andi Makkasau.

Pasutri ini baru saja dikaruniai bayi berjenis kelamin laki-laki dengan bobot 3,5 kilogram dalam persalinan normal. Yang spesial lantaran anak pertamanya lahir di tanggal unik 29 Februari yang hanya terjadi setiap 4 tahun sekali.

“Senang dan bahagia tapi bingung nanti kalau mau ulang tahun karena 4 tahun sekali,” ucap Delfiana.

Lain lagi dengan Suriani, yang melahirkan bayi laki-laki yang merupakan anak keenamnya lewat operasi caesar.

“Bahagia, karena bulan 2 ini ada tanggal 29, biasanya cuma sampai tanggal 28. Tidak menyangka,” tuturnya.

Sementara dr. Nursia, Dokter Spesialis Kandungan RSUD Andi Makkasau mengatakan, banyak pasien tidak mau melahirkan di tanggal unik ini lantaran hanya bisa merayakan ulang tahun empat tahun sekali.

“Yang lahir ini alhamdulillah baik-baik. Hanya satu masuk ke ruang rawat bayi karena bayinya belum cukup bulan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Tahun Kabisat adalah tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *