banner 728x250

Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkot Parepare Ajak Komponen Bangsa Bumikan Nilai-nilai Pancasila dalam Aspek Kehidupan

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Pemerintah Kota Parepare memperingati Hari Lahir Pancasila 2024 dengan upacara bendera di halaman Kantor Wali Kota Parepare, Sabtu 1 Juni 2024.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Sekda Kota Parepare Muh Husni Syam mewakili Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali, dan diikuti oleh unsur Forkopimda, TNI, Polri, jajaran Pemkot Parepare, Ormas, dan stakeholder terkait.

banner 800x800

Hari Lahir Pancasila 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Husni Syam selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Presiden Pertama Republik Indonesia yang juga seorang Proklamator, Soekarno, memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” kata Husni Syam.

Husni mengemukakan, dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini, pemerintah mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” pungkas Husni. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *