banner 728x250

Pj Wali Kota Parepare Hadiri Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan, Dibuka Presiden Jokowi

banner 120x600
banner 468x60

BALIKPAPAN, KLUPAS.COM – Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII/2024 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pj Wali Kota Akbar Ali bersama OPD dan jajaran terkait Pemerintah Kota Parepare mengikuti rangkaian pelaksanaan Rakernas APEKSI selama enam hari, 1-6 Juni 2024 di Balikpapan.

banner 800x800

Rakernas yang tahun ini mengusung tema Kota Sejahtera, Indonesia Maju, dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), Selasa (4/6/2024).

Pj Wali Kota Akbar Ali menegaskan bahwa kehadiran Pemkot Parepare dalam Rakernas ini menunjukkan komitmen mereka untuk terus berkontribusi dalam pembangunan kota yang sejahtera dan maju, sejalan dengan tema yang diusung Rakernas XVII 2024.

“Rakernas XVII Apeksi merupakan ajang penting bagi pemerintah kota se-Indonesia untuk bertukar pikiran, berbagi pengalaman, dan menyusun strategi bersama demi kemajuan kota-kota di Indonesia,” ujar Akbar Ali, Rabu 5 Juni 2024.

Presiden Jokowi dalam arahannya di hadapan seluruh peserta Rakernas, menginginkan semua kota di Indonesia nyaman dihuni.

“Kita ingin semua kota di Indonesia nyaman dihuni, liveable, loveable, atau orang senang berkunjung dan kembali ke kota itu. Bahkan orang yang ada di kota, memberikan pelayanan publik yang baik dan mencintai kotanya,” ingat Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa pada tahun 2045, sekitar 70 persen penduduk Indonesia diperkirakan akan tinggal di perkotaan. Karena itu, dia mendorong setiap pemerintah kota di Indonesia, memiliki perencanaan kota yang detail.

“Karena itu, sekali lagi rencana tata kota, transportasi massal dan umum harus dipersiapkan. Apabila kita terus memikirkan MRT (Mass Rapid Transit), itu biayanya mahal,” pesannya.

Jokowi juga mengingatkan bahwa dalam 10 hingga 30 tahun ke depan, semua kota akan menghadapi kemacetan jika tidak mempersiapkan perencanaan transportasi umum dan massal sejak sekarang.

Pembukaan Rakernas ditandai dengan pemukulan lesung oleh Presiden Jokowi, yang didampingi oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi Eri Cahyadi.

Acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda Kaltim dan para Wali Kota dari seluruh Indonesia. Sementara Mendagri, Menkeu, Kepala LKPP, dan Kepala Otorita IKN menjadi pembicara kunci pada Rakernas.

Rangkaian kegiatan Rakernas di antaranya Youth City Changers, Gala Dinner, Rapat Kerja, Indonesia City Expo & ICE Forum Bisnis, Karnaval Budaya Nusantara, Sarasehan Istri Wali Kota, Pentas Seni, City Tour, Penanaman Pohon, Cooking Class, Jetski Sport, Senam Bersama, Sarapan Bersama dan KMF Pokja Perubahan Iklim & Water Management Forum (WMF) PERPAMSI.

Termasuk pameran stand dan festival seni budaya nusantara, hingga kunjungan ke Ibukota Nusantara (IKN).

Para peserta Rakernas di antaranya Wali Kota/Wakil Wali Kota, Ketua TP-PKK/Dekranasda, para pendamping/OPD Pemerintah Kota, dan para pemuda kota dari seluruh Indonesia. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *