banner 728x250

Sekda Parepare Pimpin Upacara Pelepasan Almarhum Faisal Andi Sapada, Wawali Parepare Periode 2013-2018

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Sekretaris Daerah Kota Parepare, Muhammad Husni Syam, atas nama Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali, memimpin upacara pelepasan jenazah Almarhum H Achmad Faisal Andi Sapada (FAS), Wakil Wali Kota Parepare periode 2013-2018.

Prosesi upacara persemayaman Almarhum Faisal Andi Sapada berlangsung di pelataran Kampus Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Parepare, Kamis 6 Juni 2024.

banner 800x800

Nampak peti jenazah almarhum yang familiar disapa Songkok Cella’e (kopiah merah) diselimuti bendera merah putih dan digotong oleh petugas Satpol PP Parepare.

Rektor IAS Parepare, Prof Dr Bakhtiar Tijjang mewakili pihak keluarga almarhum menyerahkan jenazah kepada pihak Pemkot Parepare. Jenazah diterima secara simbolis oleh Sekda Parepare Muh Husni Syam yang bertindak selaku inspektur upacara.

“Kami Pemerintah Kota Parepare menerima jenazah Almarhum Dr Ir H Achmad Faisal Andi Sapada SE MM, Wakil Wali Kota Parepare periode 2013-2018, untuk dilakukan upacara secara sipil,” kata Sekda Husni Syam.

Dalam sambutannya, Husni Syam atas nama Pemkot Parepare menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya FAS. Husni menyebut Faisal Andi Sapada adalah pamong sejati yang puluhan tahun telah mendedikasikan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk bangsa dan negara.

“Terima kasih atas pengabdian Almarhum kepada masyarakat, bangsa dan negara. Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kesabaran dan ketabahan, Aamiin,” ucap Husni Syam, mendoakan Almarhum FAS.

Suasana haru menyelimuti prosesi pelepasan Raja Addatuang Sidenreng ke-XXV itu. Ribuan pelayat hadir, termasuk diantaranya banyak pejabat dan tokoh seperti Wali Kota Parepare periode 2013-2023 Taufan Pawe bersama istrinya Erna Rasyid Taufan, Bupati Barru Suardi Saleh, Ketua DPRD Parepare Kaharuddin Kadir, Wakil Ketua DPRD Makassar Andi Nurhaldin Nurdin Halid yang juga putra Waketum DPP Golkar Nurdin Halid.

Dari jajaran pejabat tampak hadir melayat Inspektur Daerah Kota Parepare Iwan Asaad, dan banyak lagi pejabat lainnya.

Ribuan warga yang hadir mengikuti upacara pelepasan dan mengantar jenazah untuk disalatkan di Masjid Raya, Parepare. Usai disalatkan, warga juga turut mengantar jenazah untuk dimakamkan di Pemakaman Datu Lacincing.

Achmad Faisal Andi Sapada meninggal dunia pada usia 66 tahun, Rabu (5/6/2024), di Rumah Sakit Umum Pusat dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar, setelah menjalani perawatan karena sakit.

Selama masa jabatannya di politik, Faisal Andi Sapada mendampingi Taufan Pawe sebagai Wakil Wali Kota Parepare periode 2013-2018.

Sosok Addatuang Kerajaan Sidenreng Rappang ini dikenal sebagai panutan dan teladan. Semasa hidupnya, anak pejuang yang juga anak mantan Bupati Sidrap pertama, Andi Sapada ini merupakan pamong senior yang berprestasi.

Dalam birokrasi, FAS pernah menduduki jabatan Sekda Parepare, dan dikenal sebagai pemimpin yang teladan serta dekat dengan semua bawahannya. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *