banner 728x250

Jaga Eksistensi Media, Wali Kota Parepare Dianugerahi Award PWI Sulsel

banner 120x600
banner 468x60

MAKASSAR, KLUPAS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan penghargaan kepada sejumlah kepala daerah dan tokoh masyarakat atas dedikasinya dalam membangun pers serta berkomitmen menjaga eksistensi media sebagai arus informasi utama kepada masyarakat.

banner 800x800

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, adalah salah satu yang menerima anugerah PWI Award 2021. Taufan Pawe yang juga Ketua Dewan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Parepare itu, sebelumnya juga menerima penghargaan dari PWI Pusat pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Jakarta.

Penghargaan PWI Award 2021 diserahkan langsung oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari didampingi Ketua PWI Sulsel, HM Agussalim Alwi Hamu, di sela pelantikan pengurus PWI Sulsel Periode 2021-2026, di Hotel Claro, Makassar, Sabtu (10/4/2021).

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari mengapresiasi semua peraih penghargaan PWI Award 2021. Salah satu yang disebut Atal adalah Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

“Wali Kota Parepare (Taufan Pawe) ini saya baru ketemu. Beliau ini dapat penghargaan Hari Pers Nasional. Dari 10 Kabupaten Kota di Indonesia, salah satunya adalah Parepare yang dapat penghargaan,” ungkap Atal.

Sementara itu, Ketua PWI Sulsel, HM Agus Salim Alwi Hamu mengemukakan, penghargaan ini sebagai apresiasi kepada pejabat dan tokoh yang berkomitmen menjaga eksistensi media sebagai arus informasi utama kepada masyarakat.

“Sinergi yang tercipta antara pemerintah daerah dengan pers perlu dibangun dan dijaga. Tentu saja dibarengi sikap kritis dan konstruktif,” kata Agus.

Ia menambahkan, penghargaan yang diberikan menjadi bentuk apresiasi terhadap peran para tokoh dalam menjaga kebebasan dan eksistensi pers, terutama di Sulsel. Harus ada keseimbangan tercipta.

“Sinergi itu harus kita jaga. Bukan berarti mengikis indepedensi sebagai pekerja media. Apresiasi ini diberikan tak lepas dari dedikasi dalam membangun pers kita begitu juga dengan integritasnya,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengapresiasi penghargaan yang diberikan PWI Sulsel. Menurutya, penghargaan tersebut merupakan bukti sinergitas Pemkot Parepare dengan media terbangun baik selama ini.

“Alhamdulilah kita mendapat penghargaan ini. Karena memang kita cukup fokus memberikan perhatian dan kontribusi dalam kemajuan peran jurnalis di Kota Parepare,” kata Taufan Pawe.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini turut mengaprasiasi atas peran jurnalis atas sinergitasnya selama dirinya mengemban amanah sebagai Wali Kota Parepare.

Kepala daerah berlatar belakang profesional hukum ini menilai, media punya peran besar terkait pembangunan suatu daerah. Apa yang dilakukan pemerintah, program kerja, kebijakan, dan lain sebagainya tidak akan tersampaikan maksimal kepada masyarakat tanpa peran media.

“Karena kami memandang jurnalis itu adalah terompet dari hasil-hasil pembangunan. Karena hasil pembangunan yang tidak diekspos secara meluas kepada masyarakat maka itu dipandang sebagai pemerintah yang gagal dalam memberikan hak kepada masyarakat terkait hak informasi,” pungkasnya.

Adapun tokoh, pejabat dan kepala daerah di Sulsel yang menerima penghargaan PWI Sulsel adalah Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dan Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar.

Kemudian Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Maros Chaidir Syam, Bupati Luwi Timur Budiman, Bupati Pinrang Irwan Hamid, Bupati Wajo Amran Mahmud, dan Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *