banner 728x250

Pasar Sumpang Minangae Parepare Masuk Nominator Pasar Aman Award Nasional

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menyambut kedatangan Tim Penilai atau Verifikasi Lomba Pasar Aman Award Nasional, di Kantor Wali Kota Parepare, Selasa (20/4/2021).

banner 800x800

Diketahui, Pasar Rakyat Sumpang Minangae Parepare terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang telah ditetapkan sebagai salah satu nominator dari sembilan pasar di Indonesia.

Tim penilai yang disambut pengalungan sarung sutra dari Duta Pariwisata Parepare ini terdiri dari lintas kementerian, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Kominfo, Kelautan dan Perikanan, dan BPOM RI.

Menyambut tim verifikasi ini diawali dengan pemutaran video visual yang mengulas sejarah Pasar Sumpang Minangae yang kini disulap sebagai pasar destinasi belanja dan wisata di era kepemimpinan Taufan Pawe.

Berbagai sarana dan prasarana pasar serta inovasi Pemerintah Kota Parepare disajikan dalam video berdurasi singkat itu.

Selain telah bersertifikat SNI, pasar rakyat Sumpang Minangae juga dilengkapi ruang laktasi, pos kesehatan, mushallah, toilet, sarana parkir, ruang pengaduan konsumen, bank sampah, dan etalase produksi home industri dan UKM.

Selain itu, di pasar yang berada di kawasan Tonrangeng River Side (TRS) ini juga dilengkapi ruang pojok uji pangan aman sebagai tempat menguji bahan makanan jika diragukan mengandung bahan berbahaya, tempat timbangan ulang di setiap sudut pasar, dan penyediaan sayur hidroponik.

Tak kalah menariknya, hadirnya inovasi berbelanja secara online dengan menggunakan QRIS, serta jasa grab. Harga bahan pokok di pasar tersebut juga update dan transparan yang dapat dipantau pada layar TV yang terdapat di pintu utama pasar.

Kelebihan lain dari pasar ini karena berkonsep belanja sambil berwisata. Para pengunjung akan dipandu petugas dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menyusur salo’ Karajae sebagai salah satu ikon Parepare yang telah masuk dalam kalender event nasional.

Keseluruhan inovasi dan penyediaan sarana dan prasarana tersebut dibungkus dalam inovasi besar “Gadis Paman” atau gabungan dinas untuk pangan aman.

“Tantangan saya ingin menyulap pasar ini menjadi pasar nyaman, aman, dan alhamdulillah kami berinovasi dengan membentuk tim khusus yang dinamai Gadis Paman. Kita ingin memproteksi konsumen dari bahan pangan berbahaya dan menghadirkan tata kelola pasar menjadi destinasi belanja dan wisata,” ujar Taufan Pawe di depan Tim Penilai.

Usai kegiatan itu, Tim Penilai melakukan verifikasi lapangan di Pasar Sumpang Minangae. Tim didampingi Kepala BPOM Sulsel, Hardaningsih, Sekda Parepare, Iwan Asaad, dan sejumlah Kepala SKPD terkait. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *