banner 728x250

Di Hadapan Tim Penilai STBM Award 2021, Kadis Kesehatan Pinrang Paparkan Strategi Pencapaian 5 Pilar STBM

banner 120x600
banner 468x60

PINRANG, KLUPAS.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes di hadapan para Tim penilai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award mengungkapkan bahwa ada beberapa tantangan bagi Pemerintahan Kabupaten Pinrang dalam pencapaian program STBM tahun 2021.

banner 800x800

Tantangan ini diantaranya adalah tingginya tuntutan masyarakat akan sanitasi yang layak dan aman, kondisi geografis kabupaten Pinrang yang terdiri dari daerah pesisir, dataran rendah dan tinggi yang menambah kesulitan Tim untuk melakukan sosialiasi dan pelaksanaan program-program STBM.

Untuk menjawab tantangan ini, lanjut Dewi, Pemerintah Kabupaten Pinrang menyusun sebuah strategi pencapaian 5 Pilar STBM dengan mengutamakan penyelesaian tantangan-tantangan yang ditemui.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang Hj. A. Sri Widiyati Irwan mengungkapkan, program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang juga dioptimalkan untuk mendukung percepatan pencapaian 5 pilar STBM.

Program tersebut diantaranya pendampingan dan pelatihan ibu rumah tangga untuk pembuatan barang-barang kebutuhan rumah tangga dengan memanfaatkan sampah plastik.

“Hal ini tentunya akan mengurangi penggunaan kantong plastik kresek sekali pakai,” ungkap Sri Irwan.

Kepala Dinas Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Ir. Sudirman juga turut mengungkapkan, program-program kerja OPD yang dipimpinnya untuk mendukung penuh pencapaian 5 Pilar STBM diantaranya program TPS3R untuk menangani sampah rumah tangga di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Muh. Idris mengungkapkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Desa untuk memanfaatkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa untuk mendukung penuh pencapaian 5 pilar STBM.

Di tempat dan waktu yang sama, Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang, Awaluddin Maramat mengungkapkan, bahwa program kerja Dinas yang dipimpinnya juga memberikan ruang untuk mendukung pencapaian 5 Pilar STBM.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan beroperasinya 2 buah kendaraan sedot tinja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sanitasi yang sehat. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *