banner 728x250

RS Hasri Ainun Habibie Gelar In House Training Program Nasional, Bahas Kesehatan Ibu dan Anak

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Manajemen Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie (RS HAH) Kota Parepare menggelar In House Training Program Nasional (Prognas) di Aula Pertemuan Lantai III RS HAH, Kamis 9 November 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur RS dr Hasri Ainun Habibie, dr Mahyuddin Rasyid Sp.B. FINACS, FICS, dan diikuti para bidan, perwakilan fasilitas kesehatan di Kota Parepare dan sekitarnya seperti Pinrang dan Barru.

banner 800x800

dr Mahyuddin mengatakan, kegiatan In House Training membahas tentang program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

“Tujuannya adalah untuk sharing edukasi bagi teman-teman di pelayanan kesehatan baik yang di Rumah Sakit maupun di Puskesmas bagaimana program KIA yang diterapkan sebagai program nasional dari Kementerian Kesehatan dapat terlaksana dengan baik,” jelas dr Mahyuddin.

Dokter Spesialis Bedah ini menjelaskan, salah satu poin penilaian dalam akreditasi adalah bagaimana Rumah Sakit dapat membina jejaring layanan kesehatan lainnya terkait dengan sistem rujukan.

Ia mencontohkan, pasien ibu hamil mengalami gawat janin pada saat melahirkan yang harusnya bagaimana bisa segera tertolong, maka diberikan edukasi melalui In House Training yang materinya dibawakan langsung oleh Dokter Spesialis Kandungan dan Dokter Spesialis Anak.

“Bagaimana menangani kondisi-kondisi kedaruratan, apa yang harus dilakukan, apakah ada hal terbaru yang bisa diterapkan misalnya kalau ada gawat janin, gawat ibu yang melahirkan dan bagaimana penerapannya, bagaimana sistem rujukan itu sendiri, serta bagaimana kesiapan rumah sakit. Hal ini semua kita koordinasikan dengan Puskesmas harus merujuk pada saat kondisi seperti apa,” terang dr Mahyuddin.

Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie, tambah dr Mahyuddin, terbuka 1 X 24 jam untuk menerima rujukan jika ada kondisi-kondisi memang yang mengharuskan mendapat tindakan cepat guna menurunkan angka kematian ibu dan anak.

“Harapan kami, pertama tentunya sebagai fasilitas kesehatan lanjutan adalah bagaimana secara global kita bisa menekan kematian ibu dan anak, yang kedua adalah kita berperan serta dalam program nasional pemerintah dalam penurunan angka stunting,” harapnya. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot