banner 728x250

Stabilkan Keuangan Daerah, Pemkot Parepare Prioritas Bayar Utang Pihak Ketiga

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare berkomitmen segera menyelesaikan utang kepada pihak ketiga tahun ini dengan nilai sekitar Rp22,8 miliar.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kita Parepare, Prasetyo Catur K mengatakan, Pemerintah Kota akan membayar sisa utang kepada pihak ketiga tahun ini, sebagai upaya mewujudkan keuangan daerah yang sehat dan berkelanjutan.

banner 800x800

“Ini (utang pihak ketiga) menjadi perhatian kami untuk segera dibayarkan,” kata Prasetyo, Jumat 17 November 2023.

Prasetyo mengungkapkan, pembayaran utang pihak ketiga menjadi prioritas untuk meningkatkan kestabilan keuangan di pemerintahan.

“Tahun ini Pemerintah Kota akan fokus pembayaran utang pihak ketiga. Tentunya ini harus juga didukung oleh SKPD yang mempunyai kewajiban ke sejumlah pihak ketiga,” harapnya.

Prasetyo menekankan, sebelum menyelesaikan kewajiban, idealnya direview dulu oleh Aparat Pengawasan Internal Pemerintahan (APIP) atau Inspektorat. Setelah direview, kata dia, BKD akan mencocokkan hasilnya dengan permohonan pembayaran utang dari pihak ketiga tersebut.

Saat ini, lanjut dia, Pemkot masih menunggu permohonan atau berkas untuk mengklaim piutang tersebut dari SKPD pengelola.

Kendati demikian, Prasetyo mengemukakan, Pemkot Parepare juga memiliki piutang dari Pemerintah Provinsi Sulsel senilai Rp58 miliar. Namun, akan dibayarkan sedikit demi sedikit oleh Pemprov Sulsel kepada Pemkot Parepare.

“Jadi piutang yang tercatat oleh kami itu, sebesar Rp58 miliar. Rp58 miliar itu, adalah piutang Pemerintah Provinsi Sulsel kepada Pemkot Parepare. Yang saat ini dibayar bertahap oleh Pemprov Sulsel,” terangnya.

Karena itu, dia berharap dana tersebut segera dibayar, meski setengahnya. “Kalau Pemprov Sulsel bayarkan dana itu ke Pemkot Parepare, maka kita surplus. Sehingga kami ada kelegaan dalam proses penyelesaian kewajiban ke pihak ketiga,” tutup Prasetyo. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot