banner 728x250

Bersama Sukseskan Pemilu, Pj Wali Kota Parepare Harap 2.765 Anggota KPPS Jaga Netralitas dan Integritas

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Komisi Pemilihan Umum (Kota) Kota Parepare resmi melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu dan Pilpres, di GOR Parepare, Kamis 25 Januari 2024.

Pelantikan KPPS berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Khusus di Parepare, ada 2.765 orang Anggota KPPS yang dilantik.
Mereka akan bertugas di 395 tempat pemungutan suara (TPS) di Parepare. Setiap TPS akan diisi oleh tujuh anggota KPPS.

banner 800x800

Di Kecamatan Ujung ada 91 TPS, Kecamatan Soreang 124 TPS, Kecamatan Bacukiki Barat 116 TPS, dan Kecamatan Bacukiki 64 TPS.

Pelantikan KPPS di Parepare, juga dirangkaikan dengan penanaman pohon untuk setiap TPS, yang berlangsung di Taman Terpadu, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki.

Sekretaris Daerah Kota Parepare, Muh Husni Syam, mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, hadir pada kegiatan itu. Turut bersama Husni Syam, beberapa Kepala SKPD dan pejabat lingkup Pemkot Parepare.

Hadir Ketua KPU Parepare Muh Awal Yanto bersama empat komisioner lainnya, Kalmasyari, Ilham H Muhtar, Nur Islah, dan Ahmad Perdana Putra.

Husni Syam mengatakan, pelantikan KPPS merupakan awal dari rangkaian persiapan Pemilu 2024 di Parepare.

Mantan Kepala Inspektorat Parepare itu mengingatkan, KPPS memiliki peran sentral dalam menyelenggarakan proses pemungutan suara yang adil, jujur, dan transparan.

“Mereka adalah ujung tombak demokrasi, yang akan memastikan setiap hak pilih warga terlaksana dengan baik. Saya berharap, para KPPS yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, netralitas, dan integritas,” ingat Husni.

Karena itu, dia mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengedepankan sikap positif dalam menghadapi Pemilu. Termasuk pergulatan ide dan pandangan yang beragam.

“Kita perlu menjunjung tinggi nilai dialog, saling menghormati, dan menciptakan suasana yang kondusif agar setiap proses pemilihan berlangsung dengan damai dan aman,” harapnya.

Ketua KPU Parepare, Muh Awal Yanto berharap agar anggota KPPS yang dilantik dapat menjaga integritas demi menciptakan demokrasi yang adil. Itu karena KPPS memiliki peran penting dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“Mereka menjadi garda terdepan yang mengawasi seluruh tahapan pemungutan suara hingga rekapitulasi suara di tingkat TPS. Semoga anggota KPPS dapat menyelenggarakan proses Pemilu dengan baik dan berintegritas,” pungkasnya. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *