banner 728x250

RDP Soal Masjid Terapung Bj Habibie, Ini Fakta yang Terungkap

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – DPRD Kota Parepare kembali menggelar rapat dengar pendapat (RDP) terkait masjid terapung BJ Habibie yang belakangan ramai disorot publik.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat paripurna, Lantai III gedung DPRD Kota Parepare, Selasa (2/4/2024), dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Parepare, Muh Yusuf Lapanna.

banner 800x800

RDP dihadiri Anggota Forum Masyarakat Bahagia (FMB) Kota Parepare, perwakilan Pemkot Parepare, jemaah masjid terapung dan sejumlah pihak terkait.

Setelah 3 kali sebelumnya dilakukan RDP terkait polemik di masjid terapung, akhirnya pada RDP kali keempat, perwakilan pengurus masjid terapung bisa hadir yakni Bendahara masjid terapung dr Ibrahim, dan pengurus masjid lainnya, Rudi. Hanya saja, Ketua Umum dan Ketua Harian Muh Ansar tidak hadir dalam RDP.

“Kita sudah beberapa kali melakukan RDP ini (persoalan masjid terapung) dan Alhamdulillah hari ini saya kira Paripurna yang datang dari pengurus masjid sudah ada, beliau adalah dokter ibrahim. Ada beberapa kita undang sekaitan dengan masjid terapung ini,” kata Ketua Komisi II DPRD Parepare, Muh Yusuf Lapanna.

Legislator Gerindra ini juga mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa RDP ini adalah bahagian dari mencari solusi yang nantinya akan menjadi sebuah keputusan, bukan sebuah ajang penghakiman atau mencari siapa yang benar dan siapa yang salah.

Sementara, Anggota FMB Kota Parepare, Fahri Nusantara menegaskan, pada RDP kali ini terungkap beberapa kejanggalan dalam pengelolaan masjid terapung, yang selama ini dipertanyakan oleh FMB. Pihak DPRD menemukan beberapa fakta terkait pengelolaan masjid terapung, antara lain:
1. SK mesjid terapung dipertanyakan karena Topan Pawe meng SK kan dirinya sendiri.
2. Mesjid terapung tidak termasuk dari dari 8 tipologi mesjid tapi tetap di SK kan oleh topan Pawe
3. Mesjid terapung adalah aset pemerintah kota Parepare bukan mesjid pribadi seorang pejabat
4. Menurut dr Ibrahim selaku bendahara mesjid terapung beliau dirinya tahu bahwa dirinya adalah bendahara adalah tanggal 18 Maret 2024 sementara tanggal SK adalah tanggal 17 Juni 2023
5. Saldo di rekening mesjid terapung adalah 449.420.828 jadi berbeda dengan yang selalu diumumkan yaitu 240 juta.
6. Menurut dr Ibrahim bahwa sumber dananya ada dua: yaitu CSR bank Sulselbar sebesar 260 juta sisanya adalah dari kotak amal
7. Menurut dr Ibrahim bahwa buku tabungan mesjid terapung akan dibuka (ke publik)
8. Dr Ibrahim siap untuk diganti jadi pengurus mesjid terapung namun Rudi sepertinya masih bernafsu ingin jadi pengurus mesjid terapung padahal terbukti gagal sebagai pengurus mesjid terapung.
9. Pencatatan keuangan mesjid terapung dari bulan Juni 2023 sampai dengan 18 Maret 2024 masih kabur.
10. Dana CSR dari bank Sulselbar tanggal 22 September 2023 sebesar 260 juta
11. Menurut Kabag kesra Mesjid terapung tidak masuk dalam 8 tipologi mesjid.
12. Menurut Kabag kesra insentif imam mesjid terapung 3,5 juta per bulan, imam rawatib 2,5 juta per bulan berbeda dengan mesjid yang lain, sehingga mesjid lain merasa ada diskriminasi
13. Ketua dewan mesjid bingung mesjid terapung itu masuk tipologi mesjid mana ?
14. Menurut Kabag asset Mesjid terapung tercatat sebagai aset pemerintah kota Parepare di dinas PUPR dengan luas 2800 M2
15. Menurut staf ahli dr Nasir bahwa mesjid terapung belum mempunyai dokumen AMDAL lalin ,belum mempunyai PBG dan SLF.
16. Menurut staf ahli hukum mengatakan bahwa harus ada perwalinya. SK mesjid terapung cukup di tanda tangani oleh camat dengan rekomendasi KUA kecamatan.

Fahri mengemukakan, berdasarkan fakta yang terungkap dalam RDP, dia menilai nampaklah carut marut dari pengelolaan masjid terapung yang terkesan tidak terurus, dan FMB menyarankan kepada DPRD Kota Parepare membuat rekomendasi untuk membekukan SK pengurus lama dan membuat SK pengurus baru. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot