banner 728x250

Akbar Ali Ajak Mahasiswa ITH Ciptakan Pilkada Damai dan Jadi Saksi Sejarah Terpilihnya Wali Kota Baru Parepare

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali, menjadi narasumber dalam kuliah umum di Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Parepare yang dilaksanakan di Aula Kampus 2 ITH, Jalan Pemuda, Parepare, Selasa 14 Mei 2024.

Di hadapan sekitar 500 mahasiswa dan civitas akademika ITH, Akbar Ali membawakan kuliah umum bertema “Peran Generasi Muda Sebagai Agent of Change Menuju Parepare Politik Damai”.

banner 800x800

Pada kesempatan itu, Akbar Ali yang juga Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri, mengajak para mahasiswa untuk bersama-sama ciptakan Pilkada damai. Itu karena Parepare menjadi salah satu daerah pelaksana Pilkada serentak pada 27 November 2024.

“Mari kita bersama-sama laksanakan Pemilu damai. Karena itu saya harapkan partisipasi adik-adik mahasiswa semua gunakan hak suaranya. Karena di Indonesia hampir 25 juta pemilih pemula yang akan gunakan hak pilihnya nanti, jadi sebagian besar yang menentukan kemenangan adalah kaum muda,” kata Akbar Ali.

Akbar Ali menginginkan agar mahasiswa ITH menjadi saksi sejarah terpilihnya Wali Kota baru di Parepare hasil Pilkada nanti.

Karena itu, dia menekankan, bagi mahasiswa warga Parepare diharapkan gunakan hak pilihnya, dan bagi bukan warga Parepare yang tidak memilih diminta jadi pemantau dan pengawas.

“Jadilah warga negara yang baik dengan tidak melakukan hal-hal bertentangan dengan kepemiluan,” pinta Akbar Ali.

Akbar Ali pun memiliki harapan besar, agar Wali Kota terpilih nantinya tetap bersinergi dengan perguruan tinggi dan saling berkontribusi dengan perguruan tinggi di Parepare.

Rektor ITH Prof Dr Ansar Suyuti mengapresiasi tinggi kehadiran Pj Wali Kota Akbar Ali menjadi narasumber dalam kuliah umum.

Prof Ansar mengungkapkan, di tahun ketiga sejak operasional perdana pada 2021, ITH kini terus berkembang.

“ITH ini inisiasi Pemda (Parepare). Saat pertama kali beroperasi pada 2021 hanya membuka tiga Prodi. Kini sudah membuka 11 Prodi, dengan jumlah mahasiswa mencapai 530 orang. Tahun ini dengan 11 Prodi, kita akan menerima kurang lebih 700 mahasiswa. Dan kita harapkan ITH berkembang terus ke depan,” harap Ansar.

Dalam kuliah umum yang dirangkai dengan penandatanganan MoU itu, Pj Wali Kota Akbar Ali hadir didampingi beberapa pejabat Pemkot Parepare di antaranya Inspektur Iwan Asaad, Asisten I Dede Harirustaman, Kepala Dinas PPKB Amarun Agung Hamka, Sekretaris Dinas Kominfo Hariyanto Chairun, Kabag Pemerintahan Munandar.

Sementara Rektor ITH hadir lengkap bersama para Wakil Rektor, jajaran pejabat dan civitas akademika ITH. Turut hadir Ketua Bawaslu Parepare, Muh Zainal Asnun, dan Komisioner KPU Parepare. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *