banner 728x250

Buka Kejuaraan Pencak Silat Parepare Championship 2, Pj Wali Kota Akbar Ali Harap Cetak Atlet Berbakat

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali hadir dan membuka langsung Kejuaraan Pencak Silat Parepare Championship 2 di Gedung Olahraga Mandiri, Lompoe, Parepare, Jumat 5 Juli 2024.

Turut hadir unsur Forkopimda, jajaran pejabat lingkup Pemkot Parepare di antaranya Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata sekaligus Ketua IPSI Parepare, Muh Iskandar Nusu, dan ratusan atlet pesilat peserta kejuaraan.

banner 800x800

Pj Wali Kota Akbar Ali dalam sambutannya mendukung kejuaraan ini. Dia menekankan, pencak silat sudah menjadi cabang olahraga resmi yang dikenal di beberapa negara Asia Tenggara, bahkan Eropa, Amerika, dan Australia. UNESCO juga telah menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya dunia.

Akbar Ali mengemukakan, pencak silat merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia, termasuk di Parepare.

“Penyelenggaraan Parepare Championship 2 ini merupakan salah satu ajang untuk mengapresiasi bakat dan minat remaja, sehingga mampu mengukir prestasi dalam olahraga pencak silat, serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar dan mahasiswa, khususnya dalam olahraga pencak silat. Kejuaraan ini juga sebagai langkah preventif mengurangi kegiatan yang bersifat negatif di kalangan pelajar, mahasiswa maupun remaja,” kata Akbar Ali.

Dia mengaku optimis dan menyambut baik penyelenggaraan kejuaraan ini. Karena itu, dia menekankan, pada kesempatan inilah merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi para pelajar, mahasiswa dan kalangan remaja untuk menampilkan bakat, disiplin, irama permainan dan keterampilan silat, kekuatan fisik yang handal, inovasi dan kekompakan bermain dalam tim, serta prestasi dan semangat berkompetisi secara sehat, sehingga mampu manjadi pesilat yang potensial.

“Saya berharap dari hasil kejuaraan ini bisa terpilih pemain-pemain terbaik berbakat. Olehnya itu Disporapar maupun pengurus Kota IPSI Parepare untuk memantau, meneliti, mencatat pesilat terbaik berbakat yang sedang berlaga, sehingga memiliki database pesilat terbaik dan berbakat yang nantinya akan dibina menjadi kontingen Pencak Silat Kota Parepare. Saya berkeyakinan dan percaya apabila pesilat terbaik berbakat ini dibina dan dikelola terus-menerus, kita akan menjadi kota yang memiliki kekuatan tim pencak silat yang disegani dan mampu berprestasi,” harap Akbar Ali.

Di penghujung sambutan, Akbar Ali menyampaikan kepada semua pesilat, agar bertanding dengan sungguh-sungguh, menjunjung tinggi sportivitas dan fairplay, jujur, disiplin, mengakui kekuatan lawan dan kelemahan diri, hormat dan taat kepada pemimpin, berani meminta maaf atas pelanggaran yang dibuat, bersedia memperbaiki kelemahan diri, taat pada ketentuan dan peraturan yang berlaku agar mampu bersaing dan menjadi pemenang. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *