banner 728x250

Pemkot Permudah Investasi, Perusahaan Kontainer Nasional PT Meratus Segera Beroperasi di Parepare

banner 120x600
banner 468x60

PAREPARE, KLUPAS.COM – Perusahaan pelayaran kontainer papan atas nasional PT Meratus Group, segera beroperasi di Kota Parepare.

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare sudah menjajaki kerja sama dengan direksi dan petinggi PT Meratus, dan mendapat respons positif.

banner 800x800

PT Meratus sudah turun meninjau langsung Pelabuhan Parepare, dan kondisi geografis Parepare secara umum, sehingga optimis melihat prospek masuk dan keluar barang melalui Parepare.

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, melalui Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setdako Parepare, Andi Ardian Asyraq mengatakan, fokus utama Meratus nantinya adalah pengiriman kontainer, kargo curah, dan kargo umum melalui Pelabuhan Parepare ke wilayah lainnya.

“Pak Pj Wali Kota yang memimpin langsung tim bersama jajaran terkait Pemerintah Kota Parepare bertemu dengan direksi PT Meratus di Surabaya. Alhamdulillah sudah langsung ada jawaban dari PT Meratus, yang akan mulai beroperasi dua atau tiga minggu ke depan di Parepare, untuk pengiriman kontainer,” kata Andi Ardian.

Mantan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdako Parepare ini mengungkapkan, masuknya Meratus langsung direspons beberapa pengusaha hasil pertanian dan hasil bumi lainnya di kawasan Ajatappareng, yang siap mengirim barangnya melalui Pelabuhan Parepare. Hitungannya, lebih hemat dari segi biaya daripada harus mengirim melalui Makassar.

“Sehingga pengusaha hasil pertanian ini tidak lagi lewat Makassar untuk mengirim barang, cukup lewat Parepare lebih hemat. Bahkan kami sudah kontrak dengan pengusaha beras dan mitra mereka, bagaimana komunitas mereka bisa diangkut di Pelabuhan Parepare,” ungkap Andi Ardian.

Andi Ardian mengemukakan, Pelabuhan Cappa Ujung Parepare dinilai memadai untuk industri kargo produk hasil bumi. Sehingga tujuan kerja sama ini adalah mengembalikan industri kargo ke Parepare, membantu pengusaha hasil bumi di wilayah Ajatappareng, utara Sulsel, dan Sulbar.

“Jadi tim PT Meratus saat turun survei sudah menghitung kondisi lalu lintas dan proses bongkar muat. Proses bongkar muat satu kontainer itu sekitar 5 menit. Setelah itu, PT Meratus mengundang kita melakukan presentasi dengan kondisi Pelabuhan Parepare dan sekitarnya. Kita tidak sangka secepat itu mereka langsung support,” papar Andi Ardian.

Andi Ardian mengaku, Pemkot sebatas fasilitator untuk memudahkan investasi masuk ke Parepare. Sekaligus membantu pengusaha hasil bumi wilayah Ajatappareng, utara Sulsel hingga Sulbar untuk memangkas biaya produksi mereka.

“Masuknya PT Meratus ini semakin memperkuat Parepare sebagai kota tujuan investasi. Seperti yang Pak Pj Wali Kota dan kita semua cita-citakan, agar perekonomian Parepare semakin maju, dan masyarakat semakin sejahtera,” tandas Andi Ardian.

Sekadar diketahui, PT Meratus Group merupakan integrator maritim dan logistik terkemuka di Indonesia hingga Asia Tenggara. Berdiri dan terus berkembang sejak tahun 1957, Meratus Line & Group adalah perusahaan pelayaran Indonesia yang menyediakan solusi transportasi point-to-point.

Mengoperasikan jaringan layanan liner yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan utama di Indonesia dan didukung oleh kantor-kantor perwakilan di seluruh Indonesia.

Meratus adalah perusahaan pertama yang mengintegrasikan pelayaran dan logistik di Indonesia. Sejak 1957 hingga sekarang, usaha Meratus telah berkembang dan saat ini mencakup beberapa sektor perkapalan dan transportasi. Kapal yang memiliki dan beroperasi. Layanan antar-kapal kontainer yang beroperasi di antara pulau-pulau di Indonesia. (*)

banner 1280x1280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot